ABSTRAK
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN SCHOOLOGY
Nama : Elsa Paska Dwi Anggita Putri
NIM : 15030174096
Program Studi : Pendidikan Matematika
Jurusan : Matematika
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :Dr. Janet Trineke Manoy, M.Pd
Peran teknologi dalam dunia pendidikan semakin berkembang. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan teknologi, termasuk dalam pembelajaran. Internet adalah salah satu teknologi yang sudah tidak asing lagi, melalui internet dunia pendidikan semakin mudah di raih. Terutama dengan adanya handphone (hp) yang membuat dunia dalam genggaman tangan, seperti yang diungkapkan Martinez (2014) tentang Development of a Mobile Service on a Wifi Network for the Evaluation of Mathematical Skills yang menunjukkan bahwa dengan pengembangan sistem evaluasi online melalui handphone (m-Learning) membuat proses penilaian menjadi mudah dan lebih efektif. Namun pada kenyataannya belum banyak para pendidik yang memanfaatkan fasilitas tersebut. Hal ini telah dibuktikan dengan kurangnya pemanfaatan handphone dalam pembelajaran. Berdasarkan masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran m-learning pada aplikasi schoology dalam pembelajaran matematika. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Subjek penelitian adalah 42 peserta didik kelas sepuluh dari SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Dari analisis data yang didapatkan (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika dengan menggunakan schoology di kelas X IPA 5 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya mencapai nilai rata-rata 3,63 dari 4,00 dan termasuk kriteria sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan schoology di kelas X IPA 5 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya yang relevan sebesar 84,18% dan tergolong kategori aktif. (3) Hasil belajar peserta didik dikatakan efektif dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan schoology di kelas X IPA 5 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya karena mencapai presentase sebesar 95,24% (4) Respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan schoology di kelas X IPA 5 SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya dikatakan positif karena mencapai presentase sebesar 63,11%. Dengan adanya penggunaan schoology proses pembelajaran menjadi lebih efektif.
Kata kunci: m-learning, schoology, pembelajaran matematika
ABSTRACT
Name : Elsa PaskaDwiAnggitaPutri
Study Program : Matematics Education
Department : Matematics
Institution Name : Surabaya State University
Mentor :Dr. Janet TrinekeManoy, M.Pd
The role of technology in the world of education is growing. Many things can be done with technology, including learning. The internet is one of the technologies that are familiar, through the internet the world of education is increasingly easy to achieve. Martinez (2014) on the Development of Cellular Services on the Wifi Network for Mathematical Skills Evaluation relating to the development of online evaluation systems through cellphones (m- Learning) makes the process. Become easy and more effective. However, most educators use the facility. This must be proven by using cellphones in learning. Based on this problem, this study aims to study which m-learning role in the application of schoology in mathematics learning. Data collection techniques are observation and tests. The research subjects were 42 tenth grade students from KemalaBhayangkari 1 Surabaya High School. From the analysis of the data obtained (1) The ability of teachers to work on mathematics learning using schools in class X IPA 5 KemalaBhayangkari 1 High School of Surabaya reached an average score of 3.63 from 4.00 and included good criteria. (2) The activities of students during mathematics learning by using schools in class X IPA 5 KemalaBhayangkari 1 Surabaya High School which are relevant are 84.18% and are classified as active categories. (3) Student learning outcomes are said to be effective in learning mathematics using schoology in class X IPA 5 KemalaBhayangkari 1 Surabaya High School because it reaches a percentage of 95.24% (4) Student responses in mathematics learning using schoology in class X IPA 5 KemalaBhayangkari 1 Surabaya High School is positive because reaching 63, 11%. With the use of schoology, the learning process becomes more effective.
Keywords: m-learning, schoology, matematics education