EVALUASI DIKLAT KONVENSI HAK ANAK BAGI GURU BIMBINGAN KONSELING SELINGKUNG SMPN DI KOTA SURABAYA
EVALUATION OF TRAINING OF CHILDREN'S CONVENTION FOR TEACHER COUNSELING OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN THE CITY OF SURABAYA
Kegiatan diklat dilaksanakan untuk membantu peningkatan kompetensi pegawai untuk mencapai tujuan instansi. Kegiatan diklat konvensi hak anak membutuhkan tahap evaluasi diklat yang dapat berperan penting dalam tolak ukur keberhasilan diselenggarakannya kegiatan diklat. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Daniel L. Stufflebeam yaitu teori evaluasi model CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Narasumber dari penelitian ini adalah panitia (pegawai bidang pengembangan kompetensi pegawai), peserta diklat, dan pemateri. Sumber data primer penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Sumber data sekunder penelitian ini adalah website, peraturan yang berlaku, serta data literatur lainnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi serta menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah : a. context, tujuan dari terselenggaranya kegiatan diklat sudah tercapai dan setiap kegiatan diklat memerlukan analisis kebutuhan diklat ; b. input, perencanaan dari kegiatan diklat sudah sesuai dengan yang ditetapkan ketika awal perancangan kegiatan tetapi masih memerlukan kurikulum sebagai tolak ukur keberhasilan dari materi yang akan disampaikan pada saat kegiatan ; c. process, pada pelaksanaan kegiatan diklat konvensi hak anak sudah berjalan maksimal namun masih perlu dilakukan gladi kotor dan lebih baik kegiatan dilaksanakan secara offline sehingga panitia, pemateri, dan peserta dapat berinteraksi secara langsung ; d. product, peserta diklat mampu menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama mengikuti kegiatan diklat, seluruh peserta diklat konvensi hak anak bidang pendidikan tahun 2023 telah dinyatakan lulus. kata kunci : sumber daya manusia, evaluasi diklat, konvensi hak anak, cipp
Training activities are carried out to help increase employee competency to achieve agency goals. Child rights convention training activities require a training evaluation stage which can play an important role in measuring the success of holding training activities. This research uses the theory put forward by Daniel L. Stufflebeam, namely the CIPP model evaluation theory (context, input, process, product). This research uses descriptive qualitative research methods. The resource persons for this research were the committee (employees in the field of employee competency development), training participants, and presenters. The primary data source for this research is interviews. Secondary data sources for this research are websites, current regulations, and other literature data. Data collection techniques in this research were interviews, documentation and observation and used purposive sampling techniques. The data analysis techniques used in this research are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results obtained in this research are: a. context, the objectives of holding the training activities have been achieved and each training activity requires an analysis of training needs; b. input, planning of training activities is in accordance with what was determined when initially designing the activity but still requires a curriculum as a benchmark for the success of the material that will be delivered during the activity; c. process, the implementation of the child rights convention training activities has run optimally but dirty rehearsals still need to be carried out and it is better if the activities are carried out offline so that the committee, presenters and participants can interact directly; d. product, training activity participants are able to apply the knowledge they have gained while participating in training activities, all participants in the 2023 children's rights convention training activities in the field of education have been declared graduates. keywords : human resource, evaluation of training, children’s convention, cipp