DEVELOPMENT OF MONOCARD LEARNING MEDIA IN THE SOCIAL SCIENCE SUBJECT OF CLASS VI PRIMARY SCHOOL
Dasar dari peneitian ini ialah rendahnya minat siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, yang menyebabkan siswa mudah merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Monocard untuk materi ASEAN. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Monocard terbukti sebagai solusi efektif dalam pembelajaran IPS materi ASEAN, membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan meningkatkan keaktifan siswa kelas VI SD. Penelitian ini mengevaluasi kelayakan media Monocard dalam pembelajaran materi ASEAN untuk siswa kelas VI SD. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan dalam beberapa aspek, yaitu kelayakan, efektivitas, dan kepraktisan. Dalam validasi materi, media Monocard mendapat nilai 71% dengan kategori "Valid," dan dalam validasi media, mendapat nilai 100% dengan kategori "Sangat Valid," menunjukkan bahwa media Monocard sesuai untuk materi ASEAN. Pada uji efektivitas media Monocard, hasil posttest menunjukkan peningkatan dibandingkan pretest, dengan nilai efektivitas mencapai 70% dalam kategori "Sangat Efektif." Kepraktisan media Monocard mencapai nilai 86,4% dengan kategori "Sangat Praktis." Implementasi media ini dapat dilakukan dengan mudah dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di kelas VI SD. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Monocard memiliki nilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPS materi ASEAN untuk siswa kelas VI SD.
The basis of this research is the low interest of students in learning Social Sciences, which causes students to easily feel bored. This research aims to develop Monocard learning media for ASEAN material. This research uses the ADDIE development model which consists of five stages, namely analyze, design, development, implementation, and evaluation. Monocard has been proven to be an effective solution in learning social studies with ASEAN material, making learning more fun and increasing the activity of sixth grade elementary school students. This research evaluates the suitability of Monocard media in learning ASEAN material for sixth grade elementary school students. The research results show success in several aspects, namely feasibility, effectiveness and practicality. In material validation, Monocard media received a score of 71% in the "Valid" category, and in media validation, it received a score of 100% in the "Very Valid" category, indicating that Monocard media is suitable for ASEAN material. In the Monocard media effectiveness test, the posttest results showed an increase compared to the pretest, with an effectiveness value reaching 70% in the "Very Effective" category. The practicality of Monocard media reached a score of 86.4% in the "Very Practical" category. Implementation of this media can be done easily and in accordance with learning needs in class VI elementary school. Based on the data obtained, it can be concluded that the Monocard learning media has high validity, practicality and effectiveness, so it is suitable for use in social studies learning ASEAN material for sixth grade elementary school students.