Kata
Kunci : pengembangan, flipchart,
menulis eksplanasi
Penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan
media flipchart yang berbasis gambar
sebagai penyempurna media flipchart
sebelumnya. Pengembangan media flipchart
berbasis gambar ini diterapkan di UPT SMP Negeri 29 Gresik pada siswa kelas
VIII dalam pembelajaran menulis eksplanasi. Pengembangan ini didasarkan pada
pembelajaran menulis teks eksplanasi sebelumnya yang masih bersifat
konvensional, hal ini karena pembelajaran masih menggunakan media video dan power
point . Selain itu juga karena siswa masih belum begitu menguasai teks
eksplanasi, sehingga pembelajaran masih menggunakan sistem ceramah. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media flipchart berbasis gambar dan mendeskripsikan
kualitas media flipchart berbasis
gambar yang ditinjau dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan.
Penelitian ini menggunakan rancangan
model Sadiman dengan langkah-langkah pengembangan media yaitu (a) menganalisis
kebutuhan karakter siswa; (b) merumuskan tujuan instruksional (instructional objective ) dengan
operasional dan khas; (c) merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang
mendukung tercapainya tujuan; (d) mengembangkan alat pengukur keberhasilan; (e)
menulis naskah media; (f) mengadakan tes dan revisi. Berdasarkan sumber data
penelitian ini, yang meliputi validator ahli media, siswa kelas VIII UPT SMP
Negeri 29 Gresik, pengamat, dan peneliti, dapat dilakukan proses pengumpulan data
dengan menggunakan teknik validasi, observasi, angket dan tes siswa menggunakan
instrumen lembar observasi identifikasi kebutuhan siswa, angket respon siswa,
lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta hasil tes siswa. Selanjutnya,
penganalisisan data penelitian ini meliputi analisis hasil validasi, analisis
identifikasi kebutuhan siswa, analisi hasil pengamatan aktivitas guru dan
siswa, serta analisis hasil tes siswa. Analisis ini bertujuan untuk
mendeskripsikan proses pengembangan media flipchart
berbasis gambar dan untuk mendeskripsikan kualitas media flipchart berbasis gambar.
Kualitas media flipchart berbasis gambar diperoleh
melalui aspek berikut, (1) Kevalidan media flipchart
berbasis gambar ditinjau dari komponen penyajian media dan komponen isi media,
keduanya menunjukkan hasil persentase 84% dengan kualifikasi deskripsi “sangat
baik”. (2) Keefektifan media flipchart berbasis gambar berdasarkan
hasil observasi aktivitas guru, hasil observasi aktivitas siswa , dan hasil tes
siswa menunjukkan hasil persentase secara berurutan 94%, 92%, dan 84,6 dengan
deskripsi kualifikasi masing-masing yaitu “sangat baik”. (3) Kepraktisan media flipchart berbasis gambar melalui tabel
hasil respon siswa menunjukkan rata-rata persentase jawaban “ya” mencapai 67,5%
dalam deskripsi kualifikasi “baik”. Berdasarkan rata-rata nilai tiga aspek
tersebut, dapat diketahui kualitas media flipchart
menunjukkan persentase angka 80,6% dan jika dibulatkan maka mencapai persentase
angka 81%. Maka, tingkat kualitas media flipchart
berbasis gambar dapat dikualifikasikan dengan deskripsi “sangat baik”.