PENERAPAN PEDOMAN OPERASIONAL PRAKTIS TRI-N SEBAGAI TEKNIK MENGGAMBAR ORNAMEN SISWA KELAS X SMKN 12 SURABAYA
APPLICATION OF TRI-N PRACTICAL OPERATIONAL GUIDELINES AS A TECHNIQUE TO DRAW ORNAMENTS OF GRADE X STUDENTS OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL 12 SURABAYA
Proses pembelajaran gambar ornamen kelas X SMKN 12 Surabaya belum menggunakan teknik tertentu dalam proses pembelajarannya, yang menyebabkan kurang maksimalnya penyampaian materi, hal ini berdampak pada pelajaran yang mencakup keterampilan menggambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, hasil, faktor penghambat, dan faktor pendukung pembelajaran menggambar ornamen dengan menggunakan teknik Tri-N. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran diawali dengan mempersiapkan saran prasarana, kegiatan pembelajaran dibagi menjadi tiga yaitu kegiatan pembuka guru memberi salam, melakukan absensi, apersepsi, dan motivasi, kegiatan inti guru menyampaikan materi. Proses penerapan teknik Tri-N dimulai dari siswa menentukan contoh gambar dari referensi secara bebas. Siswa meniru sketsa gambar dari referensi, dan siswa wajib menambahkan dan memodifikasi gambar, kegiatan penutup tanya jawab guru dengan siswa, dan salam serta doa. Hasil belajar siswa dalam prosentase 80% memperoleh nilai sangat baik dan 20% memperoleh nilai baik. Faktor penghambat dalam proses pembelajaran gambar ornamen yaitu motivasi pada diri siswa, minat dan keinginan siswa, keadaan pandemi covid yang membatasi segala kegiatan. Dan faktor pendukung dari pembelajaran siswa yaitu nyamannya lingkungan belajar, fasilitas yang bagus dan lengkap, semangat individu siswa untuk belajar keterampilan.
Kata kunci: Gambar ornamen, Teknik Tri-N, Pembelajaran Gambar
The process of learning ornament drawing for class X SMKN 12 Surabaya has not used certain techniques in the learning process, which causes the material delivery to be less than optimal, this has an impact on lessons that include drawing skills. This study aims to describe the process, results, inhibiting factors, and supporting factors for learning to draw ornaments using the Tri-N technique. The method used is descriptive qualitative, with data collection techniques including observation, interviews, documentation, and data analysis. The results of this study are the learning process begins with preparing infrastructure suggestions, learning activities are divided into three, namely opening activities for the teacher to greet, conduct attendance, apperception, and motivation, the main activity of the teacher delivering material. The process of applying the Tri-N technique starts from the student determining the sample image from the reference freely. Students imitate drawing sketches from references, and students are required to add and modify images, closing activities for teacher questions and answers with students, and greetings and prayers. Student learning outcomes in the percentage of 80% get very good scores and 20% get good grades. Inhibiting factors in the learning process of ornamental images are motivation in students, interests and desires of students, the state of the covid pandemic which limits all activities. And the supporting factors of student learning are the comfortable learning environment, good and complete facilities, the individual enthusiasm of students to learn skills.
Keywords: Ornament drawing, Tri-N Technique, Image Learning