Profil Kemampuan Abstraksi Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau dari Gaya Belajar
Profile Of Student's Reflective Ability In Solving Geometry Problems Based On Learning Style
Abstraksi reflektif ialah kegiatan penataan kembali secara vertikal konsep matematika yang baru dari konsep matematika yang telah tuntas dipelajari sebelumnya saat kegiatan pembelajaran. Kemampuan abstraksi sangat diperlukan dalam proses pemecahan masalah. Cara siswa untuk menerima informasi yang baru dan proses yang digunakan untuk belajar disebut dengan gaya belajar. Gaya belajar seorang siswa memiliki keterkaitan terhadap kemampuan abstraksinya sementara terdapat tiga tingkatan abstraksi yang salah satunya merupakan abstraksi reflektif, maka dari itu gaya belajar juga mempengaruhi asbtraksi reflektif siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan abstraksi reflektif siswa dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dalam menyelesaikan suatu masalah geometri. Subjek dari penelitian ini merupakan tiga siswa kelas IX yang masing-masing memenuhi gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti, dan instruman pendukung dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes kemampuan abstraksi reflektif dalam menyelesaikan masalah geometri, dan pedoman wawancara. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi luas tembereng dan juring lingkaran. Hasil yang didapatkan adalah siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik mampu memenuhi semua level kemampuan abstraksi reflektif. Siswa dengan gaya belajar auditori memenuhi semua level kemampuan abstraksi reflektif, namun terdapat kekurangan pada salah satu indikator yaitu menemukan alternatif strategi yang lain untuk menyelesaikan permasalahan. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat melatih siswa dengan soal-soal pemecahan masalah yang memiliki tingkat abstraksi reflektif lebih tinggi sehingga dapat meningkatkan kemampuan abstraksi reflektif siswa, serta guru diharapkan dapat membiasakan mengajar dengan model pembelajaran yang beragam karena siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda.
Reflective abstraction is the activity of vertically rearranging new mathematical concepts from mathematical concepts that have been thoroughly studied previously during learning activities. Abstraction skills are needed in the problem solving process. The way students receive new information and the processes used to learn is called learning style. A student's learning style is related to his abstraction ability while there are three levels of abstraction, one of which is a reflective abstraction, therefore learning styles also affect students' reflective abstraction. This type of research is descriptive qualitative which aims to describe the reflective abstraction ability of students with visual, auditory, and kinesthetic learning styles in solving a geometric problem. The subjects of this study were three grade IX students, each of which fulfilled visual, auditory, and kinesthetic learning styles. The main instrument in this study was the researcher, and the supporting instruments in this study were a learning style questionnaire, a reflective abstraction ability test in solving geometric problems, and interview guidelines. The material used in this research is the area of the section and the cross section of the circle. The results obtained are students with visual and kinesthetic learning styles are able to meet all levels of reflective abstraction abilities. Students with auditory learning styles meet all levels of reflective abstraction abilities, but there is a lack of one indicator, namely finding other alternative strategies to solve problems. Therefore, teachers are expected to be able to train students with problem-solving questions that have a higher level of reflective abstraction so as to improve students' reflective abstraction abilities, and teachers are expected to familiarize teaching with diverse learning models because students have different learning styles.