PENINGKATAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR PADA SISWA SMP MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MIND MAPPING
ENHANCEMENT CAREER PLANNING ABILITY IN JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS THROUGH THE GROUP GUIDANCE OF THE MIND MAPPING TECHNIQUE
Berdasarkan studi pendahuluan yang telah peneliti lakukan di SMP Negeri 4 Sidoarjo, terdapat beberapa siwa yang memiliki masalah dalam kemampuan perencanaan karir. Perencanaan karir penting dimiliki oleh siswa supaya siswa dapat mempersiapkan karirnya sesuai dengan keinginannya karena tanpa adanya perencanaan karir maka akan menimbulkan permasalahan pada individu di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Sidoarjo dengan pemberian perlakuan bimbingan kelompok teknik mind mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre experimental design yakni one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan siswa yang diambil dengan cara purposive sampling. Peningkatan perencanaan karir diukur dengan menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data yang diguakan adalah statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon signed rank tes yang di olah menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penerapan layanan bimbingan kelompok teknik mind mapping pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Sidoarjo adalah terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan perencanaan karir siswa, hal ini di buktikan dengan diperolehnya hasil signifikan (2-tailed) bernilai ρ = 0,012. Maka nilai 0,012 lebih kecil dari nilai taraf kesalahan 0,05. Berdasarkan hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok teknik mind mapping dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karir pada siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam mengatasi masalah perencanaan karir. Kata Kunci : Perencanaan karir, mind mapping, bimbingan kelompok.
Based on a preliminary study that researchers have conducted at SMP Negeri 4 Sidoarjo, there are some students who have problems in career planning skills. It is important for students to have career planning so that students can prepare their careers according to their wishes because without career planning it will cause problems for individuals in the future. This study aims to improve career planning skills in class IX students of SMP Negeri 4 Sidoarjo by providing treatment with group guidance on mind mapping techniques. This study uses a quantitative approach with a pre-experimental design type, namely one group pre-test and post-test design. The subjects in this study were eight students who were taken by purposive sampling. Improvement in career planning was measured using a closed questionnaire. The data analysis technique used is non-parametric statistics with the Wilcoxon signed rank test formula which is processed using the SPSS version 23 application. The results of the application of mind mapping technique group guidance services to class IX students of SMP Negeri 4 Sidoarjo is that there is a significant increase in students' career planning skills. , this is proven by obtaining a significant (2-tailed) result with a value of = 0.012. Then the value of 0.012 is smaller than the value of the error level of 0.05. Based on the results of this analysis, it can be concluded that the application of mind mapping technique group guidance can improve students' career planning skills. This research is expected to be a reference in overcoming the problem of career planning. Keywords: Career planning, mind mapping, group guidance.