Penanda Kohesi dalam Teks Bacaan di Kursbuch Netzwerk A1
Pembelajar bahasa Jerman di Indonesia saat ini memanfaatkan buku Netzwerk A1 hingga B1 sebagai acuan untuk belajar bahasa Jerman, termasuk Universitas Negeri Surabaya. Di dalam buku tersebut ada berbagai materi untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, salah satunya pemahaman membaca (Leseverstehen). Agar dapat memahami bacaan maka dibutuhkan teks yang padu dan utuh. Keutuhan teks dibangun oleh unsur kohesi yang ditandai dengan penggunaan penanda kohesi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penanda kohesi dalam Kursbuch Netzwerk A1 Kapitel 1-6 bagian teks bacaan dan (2) fungsi penanda kohesi tersebut. Data penelitian ini berupa teks yang mengandung penanda kohesi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini khususnya terkait dengan klasifikasi jenis penanda kohesi menggunakan teori dari Wolfgang Schindler. Adapun berbagai jenis fungsi penanda kohesi penelitian ini menggunakan teori dari Sumarlam, Barz, Tarigan dan Sugono. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan penanda kohesi sebanyak 272 dengan rincian 62 Rekurrenz (pengulangan), 56 Pro-Formen, 5 Substitution (substitusi), 49 Artikel, 70 Konnexion (penghubung) dan 30 Ellipse (elipsis) dari 9 teks bacaan Kapitel 1-6 dalam buku ajar Kursbuch Netzwerk A1 terbitan tahun 2017. Dengan fungsi yang berbeda antara lain fungsi penekanan, fungsi penunjukan, fungsi penghubung (penghubung antarkalimat, penghubung runtutan peristiwa) dan fungsi efektivitas kalimat.
German learners in Indonesia currently use Kursbuch Netzwerk A1 to B1 as a reference for learning German, including the State University of Surabaya. In this book there are various materials to improve language skills, one of which is reading comprehension (Leseverstehen). In order to understand the reading, a cohesive and complete text is needed. The integrity of the text is built by the element of cohesion which is indicated by the use of cohesion markers. Therefore, this study aims to describe (1) the markers of cohesion in the Kursbuch Netzwerk A1 Chapter 1-6 passages of the reading text and (2) the function of these markers of cohesion. The research data is in the form of text containing cohesion markers. This research is a descriptive qualitative research. The theory used in this study is specifically related to the classification of the types of cohesion markers using the theory of Wolfgang Schindler. As for the various types of cohesion marker functions, this study uses the theory of Sumarlam, Barz, Tarigan and Sugono. Based on data analysis, the results of this study showed that 272 cohesion markers were found with details of 62 Rekurrenz (repetitions), 56 Pro-Formen, 5 Substitutions (substitutions), 49 Articles, 70 Konnexion (connectors) and 30 Ellipse (ellipsis) from 9 texts reading Chapter 1-6 in the Kursbuch Netzwerk A1 textbook published in 2017. With different functions, including emphasis function, designation function, function of repeating words or phrases to a more specific meaning, connecting function (connecting between sentences, connecting sequences of events) and sentence effectiveness functions.