Abstrak
Masyarakat Tulungagung lebih memilih kopi ijo Waris yang merupakan merek lokal dari Tulungagung daripada kopi dari daerah lain. Selain kecintaan masyarakat terhadap merek lokal, ada faktor lain yang mempengaruhi masyarakat Tulungagung dalam mengkonsumsi kopi ijo Waris yaitu kualitas produk. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan secara deskriptif. Sampel yang digunakan adalah pelanggan Kopi Ijo Waris Tulungagung dengan menggunakan 100 responden dari rata-rata populasi 500 orang. Adapun hasil dari penelitian adalah sebagai berikut: 1) Variabel kecintaan pada merek lokal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kopi ijo Waris Tulungagung, 2) Variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kopi ijo Waris Tulungagung, 3) Variabel kecintaan pada merek lokal dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kopi ijo Waris Tulungagung.
Kata Kunci : kecintaan pada merek lokal, kualitas produk, keputusan pembelian
Abstract
People of Tulungagung prefer Kopi Ijo Waris as a local brand Tulungagung than coffee from other regions. Other than devotion of the community local brand, there are other factors affecting People of Tulungagung in consuming Kopi Ijo Waris is about of product quality. Research used in quantitative research and used the descriptive approach. The sample used is the customer Kopi Ijo Waris Tulungagung by use 100 respondents from an average population of 500 people. This research result indicates that: 1) Local brand devotion variable is significant to the decision to buy Kopi Ijo Waris Tulungagung, 2) Product quality variable is significant to the decision to buy Kopi Ijo Waris Tulungagung, 3) Local brand devotion and product quality variable is significant to the decision to buy Kopi Ijo Waris Tulungagung.
Keyword: local brand devotion, product quality, decision of buy