MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI
(STUDI MULTI SITUS DI SMA HANG TUAH 2 DAN SMA HANG TUAH 5 SIDOARJO)
School Library Management in Cultivating a Culture of Literacy (Multi sites study in SMA Hang Tuah 2 and SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo)
ABSTRAK
Rifa Utmawati. 2025. Manajemen Perpustakaan Sekolah dalam menumbuhkan budaya Literasi (Studi multi situs di SMA Hang Tuah 2 dan SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo)
Tesis. Program Studi S2 Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Erny Roesminingsih, M.Si., (2) Dr. Sri Setyowati, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen Perpustakaan Sekolah dalam Menumbuhkan budaya Literasi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Siswa SMA Hang Tuah 2 dan SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. Yang dijabarkan melalui perencanaan yang dilakukan, pengorganisasian perpustakaan, penggerakan oleh kepala sekolah dan pengendalian yang sekaligus berfungsi sebagai evaluasi jalannya manajemen perpustakaan.
Jenis penelitian ini adalah studi multi situs dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan mendeskripsikan manajemen pengelolaan perpustakaan sekolah yang telah diterapkan di SMA Hang Tuah 2 dan SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. Dalam memperoleh hasil penelitian dan data, penelitian menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis sedemikian rupa sehingga menjadi penelitian kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan yang dilakukan di perpustakaan sekolah SMA Hang Tuah 2 dan SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo telah melakukan proses perencanaan yaitu melalui penetapan visi misi dan tujuan yang ditetapkan bersama, pengorganisasian oleh kepala sekolah dengan bekerjasama dengan kepala perpustakaan, tim literasi dan guru , penggerakan dilakukan kepala sekolah dengan cara memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pelaksanaan program yang telah dirancang sebelumnya. Dukungan bisa berupa pelatihan, motivasi dan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan perpustakaan sekolah. Yang terakhir adalah pengendalian yang dilakukan oleh kepala sekolah, pendidik, dan pustakawan. Dengan demikian, manajemen pengelolaan perpustakaan dalam menumbuhkan budaya literasi siswa SMA Hang Tuah 2 dan SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo sudah berjalan sesuai harapan.
ABSTRACT
Rifa Utmawati. 2025. School Library Management in Cultivating a Culture of Literacy (Multi sites study in SMA Hang Tuah 2 and SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo)
Thesis. Education Management Masters Study Program. Faculty of Education. State University of Surabaya. Supervisors: (1) Dr. Erny Roesminingsih, M.Si., (2) Dr. Sri Setyowati, M.Pd.
Keywords: School Library Management in Cultivating a Culture of Literacy
This study aims to describe the Implementation of School Library Management in Cultivating a Culture of Literacy for Students of SMA Hang Tuah 2 and SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. Which is described through the planning carried out, organizing the library, mobilization by the principal and control which also functions as an evaluation of the progress of library management.
This type of research is a multi-site study and the method used in this study is qualitative, by describing the management of school library management that has been implemented in SMA Hang Tuah 2 and SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. In obtaining research results and data, the study used interview, observation and documentation techniques. Then the data was analyzed in such a way that it became qualitative research.
The results of the study showed that the management carried out in the school libraries of SMA Hang Tuah 2 and SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo had carried out a planning process, namely through determining the vision, mission and goals that were set together, organizing by the principal in collaboration with the head of the library, literacy team and teachers, mobilization carried out by the principal by providing full support for the implementation of previously designed programs. Support can be in the form of training, motivation and a budget that is in accordance with the needs of the school library. The last is the control carried out by the principal, educators, and librarians. Thus, the management of library management in fostering a culture of literacy for students of SMA Hang Tuah 2 and SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo has run according to expectations.