PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AYAM GORENG NELONGSO CABANG KETINTANG
THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND PRICE ON THE PURCHASE DECISION OF AYAM GORENG NELONGSO KETINTANG BRANCH
Bisnis kuliner merupakan salah satu dari sekian banyak bisnis jasa yang berkembang pesat. Hal ini karena pada dasarnya makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Banyaknya restoran sederhana yang berdiri dan bersaing untuk mencari pelanggan di kota Surabaya salah satunya Ayam Goreng Nelongso cabang Ketintang. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu kualitas layanan dan harga.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dalam mencari kaitan melalui pengaruh yang dihasilkan antara variabel bebas yaitu kualitas layanan dan harga terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian di Ayam Goreng Nelongso cabang Ketintang. Karakteristik yang digunakan adala pelanggan Ayam Goreng Nelongso cabang Ketintang yang telah melakukan pembelian minimal 2 kali dan berusia 18-52 tahun.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden dengan teknik pengambilan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Hasil dari penelitian menunjukkan variabel bebas kualitas layanan dan harga berpengaruh terhadap variabel terikat keputusan pembelian Ayam Goreng Nelongso cabang Ketintang.
The culinary company is one of the many service companies that is growing rapidly. This is because, in fact, food is a fundamental human need that must be met. The number of simple restaurants that come up and compete to find customers in the city of Surabaya, including the Fried Chicken Nelongso Ketintang site. Some factors that influence purchasing decisions are service quality and price.
This study uses a quantitative study with a descriptive approach to the search for relationships by the influence that is generated between the independent variables, namely service quality and price on the dependent variable, namely the purchasing decision at the Kettle Nelongso Fried Chicken. The characteristics used are customers of Ketel Nelongso Fried Chicken who have made purchases at least twice and are 18-52 years old.
The sample in this study were 96 respondents with data collection techniques using a Likert-questionnaire scale. The technique of multiple linear regression data analysis uses the SPSS 16.0 application. The results of the investigation showed that the independent service quality and price variable influenced the dependent variable of the Ketintang Nelongso Fried Chicken purchase decision.