THE APPLICATION OF THE METHOD (PEER TEACHING) ON KATANA MASTERY TO IMPROVE MEMORY IN CLASS X IPA 3 SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO
Perbedaan huruf abjad dalam bahasa Jepang yaitu hiragana, katakana, dan kanji cukup menyulitkan siswa untuk belajar bahasa Jepang, karena berbeda dengan huruf alfabet Indonesia. Dari hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas X IPA 3 SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo diketahui bahwa mereka cukup kesulitan dalam menghafal huruf-huruf alfabet Jepang, misalnya pada materi katakana. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode baru untuk memudahkan siswa dalam belajar bahasa Jepang yaitu penerapan metode peer tutoring pada penguasaan katakana untuk meningkatkan daya ingat pada siswa kelas X IPA 3 SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo dan ingin mengetahui respon siswa terhadap penerapan tersebut. dari metode pembelajaran ini. Alasan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode peer tutoring diterapkan dan tanggapan siswa terhadap metode tersebut. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan inovasi baru atau cara belajar yang baru bagi siswa dan guru untuk mempermudah pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, tes, dan angket respon siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode peer tutoring pada penguasaan katakana untuk meningkatkan daya ingat. Dalam penelitian yang dilakukan secara online karena keterbatasan waktu dan tempat, metode ini mengharuskan siswa dibagi menjadi 4 kelompok dan dipilih 1 tutor dari setiap kelompok, sehingga metode ini membuat siswa aktif bertanya kepada tutor atau teman sebayanya. Hasil metode pembelajaran tutor sebaya menunjukkan adanya peningkatan dari hasil observasi pertemuan pertama dan kedua yaitu pre-test post-test rata-rata dari 69,41 menjadi 74,74. Sedangkan berdasarkan angket respon siswa, penerapan tutor sebaya pada penguasaan katakana untuk meningkatkan daya ingat pada siswa kelas X IPA 3 SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo mendapatkan hasil yang cukup baik dengan menggunakan rumus menghasilkan skor rata-rata 129,6 (75,8%) siswa setuju bahwa metode peer tutoring dapat meningkatkan daya ingat penguasaan katakana.
The difference between the letters of the alphabet in Japanese, namely hiragana, katakana, and kanji, is quite difficult for students to learn Japanese, because it is different from the letters of the Indonesian alphabet. From the results of interviews with teachers and students of class X IPA 3 SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo, it was found that they had quite a difficulty in memorizing the letters of the Japanese alphabet, for example in katakana material. Therefore, the researcher uses a new method to make it easier for students to learn Japanese, namely the application of peer tutoring methods on katakana mastery to improve memory in class X IPA 3 SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo and want to know student responses to the application of this learning method. The reason for the research was to find out how the peer tutoring method was applied and the students' responses to the method. The benefit of this research is to provide new innovations or new ways of learning for students and teachers to make learning easier. The method used is descriptive qualitative while the data collection techniques are observation, test, and student response questionnaires.
The result of this research is the application of peer tutoring method to the mastery of katakana to improve memory. In research conducted online due to limited time and place, the method requires students to be divided into 4 groups and 1 tutor is chosen from each group, so this method makes students actively ask their tutors, or peers. The results of the peer tutor learning method showed an increase from the results of the first and second meeting observations, namely the pree-test post-test on average from 69.41 to 74.74. Meanwhile, based on the student response questionnaire, the application of peer tutors on katakana mastery to improve memory in class X IPA 3 SMA HANG TUAH 2 Sidoarjo got quite good results using the formula to produce a score of 129.6 (75.8%) the average student agree that peer tutoring method can improve the memory of the mastery of katakana.