Teknik Reframing untuk Meningkatkan Percaya Diri Korban Perundungan Verbal di Sekolah Dasar
Reframing Techniques to Increase the Confidence of Victims of Verbal Abuse in Elementary School
Tindak perundungan verbal kerap terjadi dilingkungan sekolah. Seringkali individu yang menerima tindak perundungan verbal mengalami hambatan untuk mengembangkan percaya dirinya. Beberapa artikel menyebutkan bahwa hambatan tersebut disebabkan oleh pemikiran maupun sudut pandang negatif yang muncul setelah individu mendapatkan tindak perundungan verbal dari orang lain. Hal ini mengakibatkan individu menjadi tidak yakin akan kemampuan yang dimiliki dan cenderung membenarkan tindak perundungan verbal yang dilakukan terhadapnya. Penelitian ini ditujukan untuk menyajikan mengenai penggunaan teknik Reframing untuk meningkatkan percaya diri korban perundungan verbal di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari berita, artikel penelitian, dan jurnal yang dipublikasi yang dikumpulkan dengan menggunakaan teknik dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi terhadap literatur dan artikel penelitian yang menjadi sumber data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa individu yang menjadi korban perundungan verbal cenderung tidak percaya diri yang disebabkan oleh pemikiran dan sudut pandang yang negatif mengenai diri dan lingkungannya. Hal ini berdampak pada terhambatnya kemampuan individu untuk mengaktualisasikan dirinya. Hasil dari pemberian treatment dengan menggunakan teknik Reframing adalah individu mampu melihat suatu masalah dari sudut pandang yang lebih positif sehingga individu menjadi lebih percaya diri, hal ini ditunjukkan dengan perubahan yang dialami individu berdasarkan hasil dari beberapa penelitian sebelumnya mengenai penggunaan teknik Reframing untuk meningkatkan percaya diri korban perundungan verbal.
Kata Kunci: Penerapan Teknik Reframing, Percaya Diri, Perundungan Verbal.
Verbal abuse often occurs in the school environment. Often individuals who accept verbal abuse experience obstacles to developing their self-confidence. Some articles say that the obstacles are caused by negative thoughts and perspectives that arise after individuals get verbal abuse from others. This results in individuals becoming unsure of their abilities and tends to justify verbal abuse committed against them. This study aims to present the use of Reframing techniques to increase the confidence of victims of verbal abuse in elementary school. This research was conducted with library research. Sources of data in this study were obtained from news, research articles, and published journals collected using documentation techniques. In this study using content analysis techniques on literature and research articles that are the source of research data. The results showed that individuals who are victims of verbal abuse tend to lack confidence due to negative thoughts and perspectives about themselves and their environment. This has an impact on the ability of individuals to actualize themselves. The result of giving treatment using Reframing technique is that individuals are able to see a problem from a more positive perspective so that individuals become more confident, this is indicated by the changes experienced by individuals based on the results of several previous studies regarding the use of Reframing techniques to increase victims' confidence verbal abuse.
Keywords: Application of Reframing Technique, Self-Confidence, Verbal Abuse.