Penelitian ini Berjudul “Strategi Pembentukan Dan Pemasaran Pada Tahap Awal City Branding Kota Kediri” (Studi pada Harmoni Kediri : The Service City). Kediri adalah salah satu kota terbesar nomor tiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Dalam menemukan identitasnya, Kota Kediri melakukan sebuah City Branding. City Branding adalah strategi dalam menemukan identitas kota untuk memperkenalkan kota kepada masyarakat luas. Dalam melakukan city branding, Kota Kediri memanfaatkan potensinya yaitu pendidikan, Jasa dan Perdagangan. Berdasarkan potensi tersebut maka Kota Kediri membentuk sebuah brand Harmoni Kediri : The Service City yang memiliki arti Kota Jasa dan Pelayanan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi city branding yang dilakukan Pemerintah Kota Kediri dalam membentuk brand Harmoni Kediri : The Service City dan tanggapan masyarakat dengan adanya brand Harmoni Kediri : The Service City di Kota Kediri. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembentukan brand Harmoni Kediri : The Service City Pemerintah Kota Kediri menggunakan lima metode City Branding dari Mike Moser yaitu menentukan nilai merk inti kota, menentukan pesan merk inti kota, menentukan kepribadian yang inti, menentukan ikon merek kota dan perancangan peta jalan merk (Brand Roadmap).
Pemerintah Kota Kediri bekerjasama dengan pihak ketiga yaitu rumah perubahan. Dalam menemukan identitas Kota, tim rumah perubahan melakukan survei langsung kepada masyarakat di Kota Kediri. Saran yang ingin disampaikan untuk Pemerintah Kota Kediri adalah lebih giat lagi dalam mempromosikan Harmoni Kediri : The Service City sehingga lebih dikenali masyarakat luas. Pemberian motivasi kepada masyarakat juga perlu dilakukan agar mereka ikut serta dalam mendukung serta mewujudkan keharmonisan di Kota Kediri.
Kata Kunci : City Branding, Strategi City Branding, Harmoni Kediri : The Service City
This study is entitled "The Strategy of Forming and Marketing In The Early Stages Of City Branding In The City Of Kediri” (Study on Harmony of Kediri: The Service City). Kediri is one of the third largest cities in East Java after Surabaya and Malang. In finding its identity, the City of Kediri conducted a City Branding. City Branding is a strategy in finding the city's identity to introduce the city to the wider community. In conducting city branding, Kediri City utilizes its potential, namely education, services and trade. Based on this potential, the City of Kediri formed a Harmoni Kediri brand: The Service City which means Service City and Service.
The purpose of this study was to determine the city branding strategy undertaken by the City Government of Kediri in forming the Harmoni Kediri brand: The Service City and community responses with the Harmoni Kediri brand: The Service City in Kediri City. This type of research is a case study with qualitative descriptive methods. Data were collected using interview, observation and documentation techniques. The results showed that in forming the Harmoni Kediri brand : The City Service Kediri City Government used five City Branding methods from Mike Moser namely determining the value of the city's core brand, determining the message of the city's core brand, determining the core personality, determining the city's brand icon and designing a road map brand (Brand Roadmap).
The City Government of Kediri cooperates with a third party, the house of change. In finding the City's identity, the change house team conducted a survey directly to the people in Kediri City. Suggestions to be conveyed to the Government of the City of Kediri is even more active in promoting the Harmony of Kediri: The Service City so that it is more recognizable to the wider community. Motivation to the community also needs to be done so that they participate in supporting and creating harmony in the City of Kediri.
Keywords: City Branding, City Branding Strategy, Harmony Kediri: The Service City