THE ROLE OF THE TEACHER IN IMPLEMENTING THE CHARACTER OF CARE FOR THE ENVIRONMENT IN CLASS IV STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan karakter peduli terhadap lingkungan pada siswa kelas IV SDN Sumur Welut III/440. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran seorang guru dalam menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa kelas IV SDN Sumur Welut III/440 dilaksanakan dengan keteladanan, pembiasaan serta pengkondisian. Cara guru dalam menanamkan karakter peduli lingkungan pada kelas IV dengan mengajak serta siswa belajar di luar ruangan untuk lebih dekat dengan alam, serta memberikan contoh bagaimana cara merawat lingkungan dengan benar agar peserta didik merasa tertarik untuk ikut peduli terhadap lingkungannya. Adapun beberapa faktor penghambat dan pendukung yaitu adanya peran guru dan kegiatan rutin jumat bersih, dan sabtu sehat, dan faktor penghambatnya yaitu sosial ekonomi dari siswa dan masih ada beberapa dari siswa belum melaksanakan kegiatan peduli lingkungan secara baik.
Kata Kunci: Peran guru, penanaman karakter, peduli lingkungan
This This study aims to determine how the teacher's role in instilling the character of caring for the environment in class IV SDN Sumur Welut III/440. The method used in this study is a qualitative method with the research subjects being the principal, fourth grade teacher, and fourth grade student. Collecting data in this study using interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the role of a teacher in instilling a caring character for the environment in fourth grade students at SDN Sumur Welut III/440 is carried out by example, habituation and conditioning. The teacher's way of instilling a caring character for the environment in grade IV is by inviting students to study outdoors to be closer to nature, as well as providing examples of how to properly care for the environment so that students feel interested in caring for their environment. There are several inhibiting and supporting factors, namely the role of teachers and routine activities on clean Fridays, and healthy Saturdays, and the inhibiting factor is the socio-economic status of students and there are still some students who have not carried out environmental care activities properly.
Keywords: The role of the teacher, character building, care for the environmen.