Analysis Of The Ability of Elementary School Teachers To Utilize Technology Through Glideapps as an Interactive Learning Medium
Penelitian yang dailaksanakan di MI Ma’arif Sambiroto, Taman, Sidoarjo ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru sekolah dasar dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi melalui Glideapps sebagai media pembelajaran interaktif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian yaitu guru MI Ma’arif Sambiroto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 14 guru MI Ma’arif Sambiroto. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel non-probability sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara semi-struktur, dan angket, sedangkan teknik analisis data dilakukan menggunakan data deskriptif yang hasil datanya disajikan dalam bentuk persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru dapat memanfaatkan teknologi melalui Glideapps sebagai media pembelajaran interaktif dengan sangat baik, hal ini didapatkan dari hasil observasi, wawanca semi-struktur, dan angket yang berisikan 6 pertanyaan yang menunjukkan hasil sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan hasil persentase yang menunjukkan kategori sangat baik dengan persentase 97,1% , katetgori sangat baik dengan persentase 88.5% , katetgori sangat baik dengan persentase 91,4%, katetgori sangat baik dengan persentase 92,8%, katetgori sangat baik dengan persentase 90%, katetgori sangat baik dengan persentase 87,1%, sehingga skor diakumulasikan menjadi satu menghasilkan nilai persentase sebesar 91,5%. Berdasrkan nilai persentase tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru MI Ma’arif Sambiroto dalam memanfaatkan teknologi melalui Glideapps sebagai media pembelajaran interaktif termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini disebabkan karena guru MI Ma’arif Sambiroto sudah memahami dan terampil dalam membuat aplikasi pembelajaran sebagai media melalui Glideapps.
The research conducted at MI Ma'arif Sambiroto, Taman, Sidoarjo aims to determine the ability of elementary school teachers to use and utilize technology through Glideapps as an interactive learning medium. The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. The population in this research is MI teacher Ma'arif Sambiroto. The samples used in this study were 14 MI Ma'arif Sambiroto teachers. Sampling was carried out using a non-probability sampling technique, namely purposive sampling. Data collection in this study was carried out using observation techniques, semi-structured interviews, and questionnaires, while data analysis techniques were carried out using descriptive data in which the results of the data are presented in the form of percentages. The results of this study indicate that teachers can make very good use of technology through Glideapps as an interactive learning medium, this is obtained from observations, semi-structured interviews, and questionnaires containing 6 questions which show very good results. The results showed the results of the proportion showing the very good category with the proportion of 97.1%, the very good category with the proportion of 88.5%, the very good category with the proportion of 91.4%, the very good category with the proportion of 92.8%, the very good category with the proportion 90%, the category is very good with a proportion of 87.1%, so that the score that is accumulated becomes one resulting in a proportion value of 91.5%. Based on this proportion value, it can be concluded that the ability of MI Ma'arif Sambiroto teachers to utilize technology through Glideapps as an interactive learning medium is included in the very good category. This is because the MI teacher Ma'arif Sambiroto already understands and is skilled in making learning applications as media through Glideapps.