Mediation of Social Media Use on the Relationship Between Time Management and Kindergarten Teachers of ‘Aisyiyah Bustanul Athfal in Jakarta
Salah satu upaya yang dapat dicapai dalam hidup manusia adalah kebahagiaan, yang menghasilkan emosi positif, perasaan puas, dan kesejahteraan batin. Guru adalah pusat kemajuan bangsa. Kebahagiaan guru TK sangat penting untuk mempertahankan kemajuan pembelajaran anak usia dini dan peningkatan kualitas sumber daya manusia sejak dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode kausal komparatif dan survei untuk mendapatkan data tentang pengaruh manajemen waktu terhadap kebahagiaan guru TK. Model analisis jalur Andrew Hayes digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari 194 guru TK. Studi menunjukkan bahwa manajemen waktu dan penggunaan media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap kebahagiaan guru TK. Karena ada variabel mediasi, yaitu penggunaan media sosial, manajemen waktu tidak berpengaruh langsung terhadap tingkat preferensi kebahagiaan guru TK. Pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan dapat dibangun dengan memprioritaskan kebahagiaan guru. Akibatnya, untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan generasi (anak usia dini) yang lebih baik dari sebelumnya, penting bagi guru, lembaga, pemerintah, dan diri kita sendiri untuk memperhatikan dan mendukung kebahagiaan guru TK.
One of the efforts that can be achieved in human life is happiness, which produces positive emotions, feelings of satisfaction, and inner well-being. Teachers are the center of the nation’s progress. The study uses the type of quantitative research that uses comparative causal methods and surveys to obtain data on the impact of time management and the use of social media on kindergarten teacher happiness. The Andrew Hayes track analysis model was used to analyze data obtained from 194 kindergarten teachers. Studies show that time management and the use of social media have a significant impact on kindergarten teacher happiness. Because there is a mediation variable, that is, the use of social media, time management has no direct impact on the level of kindergarten teacher happiness preferences. Effective and sustainable learning can be built by prioritizing teacher happiness. As a result, to improve the quality of education and produce generations (early children) better than ever before, it is important for teachers, institutions, governments, and ourselves to pay attention and support the happiness of kindergarten teachers.