PROFIL MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI VIRUS MENGGUNAKAN FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST
THE PROFILE OF STUDENTS MISCONCEPTIONS ON VIRUS MATERIAL USED A FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST
Miskonsepsi adalah perbedaan konsep yang tidak sesuai dengan para ahli. Konsep yang kurang sesuai ini akan ditanam terus pada pengetahuan kognitif siswa jika tidak diubah, oleh karena itu perlunya identifikasi untuk mengetahui asal miskonsepsi tersebut berasal. Tes diagnostik digunakan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami oleh siswa menggunakan instrumen Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test untuk menemukan faktor penghambat dan solusi pembelajaran yang cocok untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi yang terjadi pada siswa pada materi virus kelas X. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi profil miskonsepsi materi virus dengan menggunakan Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test sebagai instrumennya. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Surabaya yang berjumlah 70 siswa yang telah menerima topik materi virus. Instrumen soal Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test materi virus terdiri dari 20 butir. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata miskonsepsi yang dialami siswa sebesar 29,31%. Persentase miskonsepsi siswa paling tinggi yaitu pada pokok bahasan sejarah penemuan virus sebesar 60% dan miskonsepsi terendah yaitu pada pokok bahasan peran menguntungkan virus sebesar 10%. Faktor terjadinya miskonsepsi pada siswa yaitu siswa itu sendiri, buku ajar yang kurang lengkap, sumber belajar siswa dan keterbatasan cara mengajar guru pada masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai tambahan informasi untuk mengurangi terjadinya miskonsepsi pada siswa saat pembelajaran.
Kata Kunci: miskonsepsi, four-tier test, tes diagnostik, virus
The misconception is different concepts that disagree with the expert. This false concept will continue to be embedded in cognitive knowledge if it’s not changed, must be to known first where misconception came from, and needed to identification. Diagnostic test used to find out of misconception that students had using Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test instruments, that inhibiting factors and suitable solution for students. This research intended to describe the profile of misconceptions happened in 10th grade on virus material. This research was a qualitative descriptive research, to identification misconception profile with Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test instrument. This research was performed by 10th grade SMAN 3 Surabaya with the total is 70 students was received virus topic. The instrument has 20 questions. The result is the students had low misconception amount in 29,31%. The highest misconception in historical virus subject of 60% and smallest misconception found in beneficial virus just only 10%. Misconceptions was happen involved many factors included the student itself, incomplete books, other learning resources and the limits of teachers teaches during pandemic Covid-19. Based on this research, the data can be used to guideline for minimizing misconception of the studens and not interfere of student comprehension the other concepts who concerned.
Keywords: misconception, four-tier test, diagnostic test, virus