Pembelajaran Menggambar Ilustrasi dengan Ampas Kopi pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Gondang Bojonegoro
Bahan pembelajaran menggambar ilustrasi di SMPN 1 Gondang, Bojonegoro masih konvensional dengan menggunaan pensil warna, krayon, dan cat air. Pembuatan karya siswa monoton karena pemanfaatan bahan atau media yang kurang variatif, dicoba melakukan inovasi dan variasi dengan menggunakan ampas kopi. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran menggambar ilustrasi. (2) Mendeskripsikan hasil karya pada pembelajaran menggambar ilustrasi. Pada penelitian ini metode yang digunakan merupakan metode diskriptif kualitatif. Teknik-teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil menggambar ilustrasi yang dikerjakan oleh siswa terdapat setidaknya 12 karya yang terkumpul terdapat 1 karya masuk dalam kategori sangat baik, 5 karya siswa masuk dalam kategori baik, 2 karya masuk dalam kategori cukup, dan 4 karya masuk dalam kategori kurang yang masih harus dibimbing lagi. Maka diperoleh kesimpulan bahwa karya menggambar ilustrasi menggunakan ampas kopi kelas VIII SMPN 1 Gondang, Bojonegoro secara keseluruhan tergolong pada kategori baik.
Learning materials for drawing illustrations at SMPN 1 Gondang, Bojonegoro are still conventional by using colored pencils, crayons, and watercolors. Making student work is monotonous because of the use of less varied materials or media, trying to innovate and vary by using coffee grounds. The objectives of this study are (1) to describe the process of learning to draw illustrations. (2) Describe the work on learning to draw illustrations. In this study, the method used is a qualitative descriptive method. The techniques used for data collection are observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques of this research include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. From the results of drawing illustrations done by students, there are at least 12 works collected, 1 work is in the very good category, 5 student works are in the good category, 2 works are in the sufficient category, and 4 works are in the poor category that still need to be guided again. . So it was concluded that the work of drawing illustrations using coffee grounds for class VIII of SMPN 1 Gondang, Bojonegoro as a whole belonged to the good category.