STRATEGY FOR INCREASING CITIZENSHIP CULTURE LITERACY BASED ON GENDER THROUGH FLASHCARD MEDIA FOR EARLY CHILDHOOD AT RA ARRAHMAH KEDIRI
ABSTRAK
Nabila, Sayyidah Ulul. 2023. Strategi Peningkatan Literasi Budaya Kewargaan berbasis Gender melalui Media Flashcard pada Anak Usia Dini di RA Arrahmah Kediri. Tesis, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Gunarti Dwi Lestari, M.Si., dan (II) Dr. Wiwin Yulianingsih, M.Pd.
Kata-kata Kunci: literasi budaya kewargaan, kesetaraan gender, literasi anak usia dini, kesetaraan gender anak usia dini, media flashcard, flashcard untuk anak usia dini
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi peningkatan literasi budaya kewargaan berbasis gender melalui flashcard yang dilakukan pada anak usia dini. Hal ini meliputi (1) proses pelaksanaan pembelajaran melalui media flashcard berbasis gender, (2) hasil penerapan media flashcard berbasis gender pada anak usia dini, dan (3) kemampuan anak usia dini dalam menerapkan nilai-nilai dasar kesetaraan gender setelah pembelajaran menggunakan media flashcard.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian purposive and snowball. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang dengan rincian sebanyak 7 orang merupakan orang tua peserta didik, 2 orang guru, dan 1 orang kepala sekolah. Analisis data yang digunakan pada penellitian ini di antaranya ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Penelitian ini menemupkan bahwa proses pelaksanaan literasi budaya kewargaan berbasis gender melalui media flashcard mendapatkan respon interaksi aktif yang positif. Hal ini menandakan bahwa media flashcard cukup efektif dalam menarik minat peserta didik untuk pembelajaran literasi budaya kewargaan. Hasil penerapan literasi budaya kewargaan berbasis gender memiliki temuan bahwa peserta didik mampu menunjukkan perubahan sikap terhadap aktivitas yang melibatkan peran gender tertentu, termasuk di dalamnya adalah pekerjaan rumah tangga. Kemampuan dasar peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai dasar mengalami peningkatan seperti (1) bersedia untuk berbagi fasilitas di RA Arrahmah, seperti permainan di taman bermain, alat-alat permainan, media literasi, dan ekstrakurikuler pilihan, (2) tidak lagi memberikan label bahwa pekerjaan rumah tangga tertentu adalah pekerjaan ibu atau perempuan pada umumnya, begitu juga sebaliknya, (3) memahami bahwa tiap individu memiliki kesempatan yang sama dalam memilih kegiatan yang mereka suka, berteman tanpa rasa khawatir akan dikucilkan, serta dapat mengungkapkan pendapat tanpa takut dicemooh oleh rekan yang lain, dan (4) memiliki sikap yang lebih fleksibel dalam menanggapi peran-peran gender tertentu, baik itu dalam pekerjaan rumah tangga maupun lingkungan pertemanan.
ABSTRACT
Nabila, Sayyidah Ulul. 2023. Strategy for Increasing Citizenship Culture Literacy based on Gender through Flashcard Media for Early Childhood at RA Arrahmah Kediri. Thesis, Non Formal Education Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya. Advisor: (I) Prof. Dr. Gunarti Dwi Lestari, M.Sc., and (II) Dr. Wiwin Yulianingsih, M.Pd
Keywords: civic cultural literacy, gender equality, early childhood literacy, early childhood gender equality, flashcards, flashcards for early childhood
This study aims to examine strategies for increasing gender-based civic cultural literacy through flashcards conducted in early childhood. This includes (1) the process of implementing learning through gender-based flashcard media, (2) the results of applying gender-based flashcard media in early childhood, and (3) the ability of early childhood in applying the basic values of gender equality after learning using flashcard media.
This research used a qualitative approach with a purposive and snowball type of research. Data collection was carried out by in-depth interviews, participatory observation, and documentation. Informants in this study amounted to 10 people with details of 7 people being parents of students, 2 teachers, and 1 school principal. Data analysis used in this research includes data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. As for the validity of the data is done by source triangulation, technical triangulation, and time triangulation.
This study found that the process of implementing gender-based civic cultural literacy through flashcard media elicited positive active interaction responses. This indicates that flashcard media is quite effective in attracting students' interest in learning civics cultural literacy. The results of the application of gender-based citizenship cultural literacy found that students were able to show changes in attitudes towards activities involving certain gender roles, including household chores. The basic ability of students in applying basic values has increased such as (1) willing to share facilities at RA Arrahmah, such as games on the playground, game tools, media literacy, and extracurricular options, (2) no longer labeling that certain household chores are the work of mothers or women in general, and vice versa, (3) understand that each individual has the same opportunity to choose the activities they like, make friends without worrying about being ostracized, and can express opinions without fear of being ridiculed by colleagues others, and (4) have a more flexible attitude in responding to certain gender roles, both in household chores and friendship circles.