Penelitian ini membahas tentang bagaimana manajemen event Developmental Basketball League dalam meningkatkan jumlahpengunjung di Surabaya tahun 2018. Penelitian ini dilakukan karena ketertarikan akan proses manajemen seperti apa yang dilakukan oleh pihak penyelenggara event Developmental Basketball League dalam meningkatkan minat pengunjung. Diketahui event tersebut diselenggarakan sejak tahun 2004 hingga saat ini, dan setiap tahunnya mengalami peningkatan dari segi pengunjung. Peneliti melakukan analisis manajemen event dengan mengacu pada model manajemen event dari Goldbatt (2002), yang menjelaskan tentang lima tahapan dalam penyelenggaraan event yaitu research, design, planning, coordination dan evaluation.
Penelitian yang dilakukan menggunakan metode studi kasus dengan menguaraikan secara deskriptif data primer dari hasil wawancara dan pencarian data-data sekunder dari dokumen-dokumen perusahaan untuk memperoleh hasil secara menyeluruh dan mendalam.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan proses manajemen event DBL terdiri dari tiga tahap yaitu pra perencanaan, perencanaan, dan pelaksanaan. Dalam meningkatkan jumlah pengunjung pihak penyelenggara menerapan integrated marketing communication dengan berbagai model, mulai dari direct selling, mass selling, hingga sales promotion
This research discusses how the management of the Developmental Basketball League event in increasing the number of visitors in Surabaya in 2018. This research was conducted because of interest in the management process as what was carried out by the organizers of the Developmental Basketball League event in increasing visitor interest. It is known that the event has been held since 2004 until now, and every year it has increased in terms of visitors. Researchers conduct an event management analysis by referring to the event management model from Goldbatt (2002), which explains the five stages in organizing events, namely research, design, planning, coordination and evaluation.
Research conducted using the case study method by descriptive describing primary data from the results of interviews and search for secondary data from company documents to obtain comprehensive and in-depth results.
The results of this study explain the DBL event management process consists of three stages, namely pre planning, planning, and implementation. In increasing the number of visitors the organizers applied integrated marketing communication with various models, ranging from direct selling, mass selling, to sales promotion