Jumlah peminat jamaah umroh di Indonesia yang begitu banyak menjadi daya tarik tersendiri bagi pengusaha bidang travel.Sehingga banyak pengusaha travel yang membuka biro jasa atau penyelenggara ibadah umroh.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Sebagai sumber praktis, penelitian ini dilakukan di travel penyelenggara umrohAET Travel PT.Hasilnya, pertama, strategi pemasaran yang diterapkan pada PT Penjuru Wisata Negeri Sidoarjo telah memenuhi karakteristik pemasaran Islam, yaitu menerapkan prinsip rabbaniyah, akhlakiyyah, realistis dan humanistis. Kedua,Peluang yang dimiliki PT Penjuru Wisata Negeri Sidoarjo adalah tingginya minat haji dan umroh yang ada di Jawa Timur, religiusitas yang sangat kuat dan kental, serta adanya kepercayaan dan kerjasama dengan lembaga keuangan.
Kata Kunci : Strategi, pemasaran syari’ah, travel umroh, persaingan
The number of applicants jamaahUmrahin Indonesia, that is so much the main attraction for entrepreneurs the field of travel. Somany travel entrepreneurs who open a service bureau or the organizers of the pilgrimage. This research used a qualitative approach and is the type of field research. As a source of practical, this research was done at the travel organisers AET Travel PT. As a result, first, of the marketing strategies appliedin PT PenjuruWisataNegeriSidoarjo has fullfiled the marketing characteristics of Islam, namely to apply the principle of rabbaniyah, akhlakiyyah, realistic and humanistic. Second, the chance ownedPT Penjuru Wisata Negeri Sidoarjo is the high interest of Hajj and Umrah that is in East Java, an very strong religiosity, and condensed, as well as the existence of trust and cooperation with financial institutions.
Keyword :Strategy, marketing of the Shari'ah, Umrah travel, competition