Study on Application of Android-Based Augmented Reality on Basic Competencies of Wood Specifications and Characteristics
Media pembelajaran yang atraktif dapat merangsang psikologis murid dalam belajar. Kegiatan belajar saat ini juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang sangat pesat. Smartphone menjadi salah satu media dalam penerapan teknologi di dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1. Mengetahui bagaimana Augmented Reality sebagai media pembelajaran, 2. Mengetahui karakteristik pembelajaran kayu bila memakai media pembelajaran Augmented Reality, 3. Memperlihatkan hasil-hasil belajar murid yang telah menggunakan media pembelajaran Augmented Reality. Penelitian ini berjenis studi literature, menggunakan metode studi kepustakaan dalam pengumpulan data. Data diperoleh dari artikel yang membahas tentang Augmented Reality, media pembelajaran maupun materi spesifikasi dan karakteristik kayu. Hasil studi yang dilakukan pada beberapa artikel diantaranya yaitu: 1). Media belajar dengan tampilan 2D yang dimodifikasi dan diubah menjadi tampilan 3D dengan basis teknologi Augmented Reality menjadi lebih menarik dan terlihat nyata sehingga menjadikan murid lebih terdorong dalam proses belajar mengajar. 2). Siswa yang belajar menggunakan AR memiliki hasil belajar yang meningkat daripada siswa yang tidak menerapkan AR, dapat diartikan bahwa AR yang diciptakan untuk KD spesifikasi dan karakteristik kayu telah memadai sebagai salah satu materi dalam pembelajaran konstruksi bangunan, 3). Penerapan Augmented Reality dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi, diketahui dari hasil perhitungan Effect size beberapa peneliti terdahulu yang medapat hasil (rez = 1.475) yang dikategorikan “Big (Besar)”, yang menunjukkan bahwa media AR dapat membantu mempermudah pemahaman dan meningkatkan hasil belajar murid.
Interesting learning media can stimulate students to learn psychologically. The current learning process is also influenced by the very rapid development of technology. Smartphones are one of the media in applying technology in education. The purpose of this study are to : 1. Know how Augmented Reality is a learning medium, 2. Know The charateristics of learning wood when using Augmented Reality, 3. Know the learning outcomes of student who have used Augmented Reality learning media. This research is a literature study, uses literature study method in data collection. Data obtained from articles that discuss Augmented Reality, learning media and material specifications and characteristics of wood. The results of studies conducted on several articles include: 1). Learning media with 2D views that are modified and converted into 3D views based on Augmented Reality technology to become more attractive and visible so that students are more motivated in the teaching and learning process, 2). Students who learn to use AR experience an increase in learning outcomes when compared with students who do not use AR, it can be interpreted that AR which is made for the basic competency of the specifications and characteristics of wood is worthy of being used as one of the teaching materials in learning building construction. 3). The application of augmented Reality can make it easier for student to understand the material, it is known from result of the calculation of the Effect Size of several previous researchers who got result (rez = 1,475) which were categorized as “Big (Big)”. This shows that AR media can help facilitate understanding and improve student learning outcomes.