Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Perbedaan proporsi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) antara mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja (2) Perbedaan proporsi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) antara mahasiswa yang memiliki amotivasi rendah dan tinggi (3) Perbedaan proporsi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) antara mahasiswa yang bekerja dan amotivasi tinggi dengan mahasiswa tidak bekerja dan amotivasi rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Jumlah sampel sebesar 171 responden dari keseluruhan populasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya angkatan 2017 dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji chi-square dan uji odds ratio.
Penelitian ini menghasilkan temuan (1) Tidak terdapat perbedaan proporsi resiko IPK antara mahasiswa yang bekerja dengan tidak bekerja pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017. (2) Terdapat perbedaan proporsi besaran IPK antara mahasiswa yang memiliki amotivasi rendah dengan mahasiswa yang memiliki amotivasi rendah pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017. Dan mahasiswa dengan amotivasi tinggi memiliki peluang menurunnya IPK sebesar 1,346 kali lebih tinggi daripada mahasiswa dengan amotivasi rendah (3) Tidak terdapat perbedaan proporsi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) antara mahasiswa yang bekerja dan amotivasi tinggi dengan mahasiswa tidak bekerja dan amotivasi rendah pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017.
This study aims to analyze (1) The differences proportion of the Academic Achievement Index (AAI) between students who work and not work (2) The differences proportion of the Academic Achievement Index (AAI) between students who have low and high amotivation (3) The differences proportion of Academic Achievement Index (AAI) between students who work and high amotivation with students not work and low amotivation.
This research is a quantitative type with a comparative approach. The number of samples is 171 respondents from the entire population of students of the Department of Economic Education, Surabaya State University, 2017 generation with a simple random sampling technique. The technique of collecting data uses interviews, questionnaires and documentation. The data analysis technique used chi-square test and odds ratio test.
This study findings (1) There is no differences proportion of the AAI between students who work and not work (2) There is any differences proportion of the AAI between students who have low and high amotivation and students with high amotivation have a chance of decreasing AAI of 1,346 times higher than students with low amotivation (3) There is no differences proportion of AAI between students who work and high amotivation with students not work and low amotivation.