EFL University Students’ Perceptions of Gender Issues in Mulan Movie: Reader-Response Criticism.
Abstrak
Christiana, Helen. 2023. EFL University Students’ Perceptions of Gender Issues in Mulan Movie: Reader-Response Criticism. Thesis, Study Progam of Language and Literaure Education, Postgraduate Progam of Universitas Negeri Surabaya: Advisor: (I) Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., MA, Ph.D and (II) Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd
Keywords: Reader Response Criticism, Gender Issues, EFL Students, Mulan Movie, Perceptions
Gender isu masih berkembang dengan pesat terutama dalam dunia pendidikan hal ini karena pendidikan di Asia terutama di Indonesia masih belum mengajarkan tentang gender sejak anak-anak kecil sehingga masih banyak yang menganggap pembelajaran tentang gender itu taboo dan tidak pantas diajarkan pada anak-anak. Pembelajaran tentang gender baru diajarkan pada tingkat perguruan tinggi tetapi hanya beberapa saja yang mendapatkan pembelajaran tentang gender dan saat mengajar dosen pasti akan menggunakan alat bantu pengajaran salah satunya adalah film. Film yang digunakan salah satunya adalah Mulan, karena banyak pembelajaran tentang gender dalam film ini antara lain diskriminasi gender, gender role dan keseteraan gender. Penelitian ini dibuat (1) untuk mencari tau pendapat para mahasiswa tentang film Mulan, (2) respon para mahasiswa terhadap isu gender yang ada pada film Mulan dan (3) apa saja yang mempengaruhi atau membentuk pemikiran para mahasiswa sehingga bisa memberikan respon seperti itu.
Penelitian ini menggunakan reader response criticism untuk mencari tau apa saja respon mereka terhadap isu gender yang ada di film Mulan sehingga selain menggunakan resder response criticism penelitian ini juga menggunakan teori isu gender yang dibagi menjadi 3 yaitu diskriminasi gender, gender role dan kesetaraan gender selain itu juga menggunakan teori film sebagai pelengkap penelitian ini karena penelitian ini menggunakan film sehingga teorinya juga menggunakan teori film.
Penelitian ini menggunakan qualitative research dengan menggunakan kuisioner dan interview terhadap mahasiswa semester 3 dan 5 yang berjumlah 30 orang tetapi ada 5 orang mahasiswa yang tidak masuk saat itu sehingga tidak bisa mengisi kuisioner dan interview. Dari analisa maka didapatkan bahwa dari seluruh mahasiswa yang paling banyak menjawab pro adalah perempuan dan yang menjawab kontra adalah pria dan kebanyakan yang membentuk pemikiran atau respon mereka adalah pengalaman pribadi mereka.
ABSTRACT
Gender issues are still developing rapidly, especially in the world of education, this is because education in Asia, especially in Indonesia, has not taught gender since young children, so there are still many who consider learning about gender to be taboo and inappropriate to teach to children. Learning about gender has only been taught at the tertiary level but only a few have received learning about gender and when teaching lecturers will definitely use teaching aids, one of which is film. One of the films used is Mulan, because there are many lessons about gender in this film, including gender discrimination, gender roles and gender equality. This research was made (1) to find out students' opinions about the film Mulan, (2) students' responses to gender issues in the film Mulan and (3) what influences or shapes students' thinking so they can give such responses.
This study uses reader response criticism to find out what their responses are to gender issues in the film Mulan so that apart from using response criticism this research also uses gender issue theory which is divided into 3 namely gender discrimination, gender role and gender equality besides that using film theory as a complement to this research because this research uses film so that the theory also uses film theory.
This study used qualitative research using questionnaires and interviews with 30 students in semesters 3 and 5, but there were 5 students who were not enrolled at that time so they could not fill out the questionnaires and interviews. From the analysis, it was found that of all the students who answered mostly pro were women and those who answered against were men and most of what shaped their thoughts or responses was their personal experience.