PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAZNAS JATIM
THE INFLUENCE OF MOTIVATION AND SATISFACTION ON EMPLOYEE PERFORMANCE BAZNAS EAST JAVA
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah melihat seberapa besar pengaruh motivasi (X1) dan kepuasan (X2) terhadap kinerja karywan (Y) berdasarkan atas kesenjangan yang terjadi dilapangan BAZNAS Provinsi Jawa timur . Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitaif dengan pendekataan explanotary reseach. Responden yang digunakan berjumlah 32 orang. Untuk pengumpulan data mengunakan kuisioner online atau google form dengan ukuran skala likert kepada karyawan BAZNAS Provinsi Jawa Timur dan uji yang dilakukan mengunakan uji instrument yaitu uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis mengunakan analisis regresi linier berganda berserta uji hipotesis. Hasil pengolahan data dari penelitian ini ialah motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai 1% < 5% dan thitung (2.760) > ttabel (2.160) dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai 0% < 5% dan thitung(4.856) > ttabel (2.160) serta hasil R2adalah 53,2 % sisanya 46,8% dipengaruhi oleh variabel lain
Kata Kunci :Motivasi, Kepuasan, Kinerja Karyawan
Abstract
The purpose of this study is to see how big the influence of motivation (X1) and satisfaction employee (X2) on the performance of employee (Y) is based on the gaps that occur in the field BAZNAS the Province of east Java . In this study, the method used is quantitative by using the explanotary reseach approaches. Respondents who used amounted to 32 people. For data collection using online questionnaire or google form with the size of the likert scale to employees BAZNAS the Province of East Java and the test conducted using test instruments that test the validity and reliability. Analysis techniques using multiple li near regression analysis and hypothesis test. The results of data processing of this research is motivation significant effect on employee performance with a value of 1% < 5% and tcount (2.760) > ttable (2,160) and satisfaction employee significantly effect the performance of employees with a value of 0% < 5% and tcount (4.856) > ttable ( 2,160) as well as the results of R2 is 53.2% of the remaining 46,8% influenced by other variables.
Keyword : Motivation, Satisfaction Employee, Performance of Employee