Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik untuk melatihkan kemampuan literasi sains peserta didik yang layak ditinjau dari aspek validitas, kepraktiasan, dan keefektivan. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari atas empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun penelitian ini hanya sampai pada develop. Proses uji coba lembar kerja peserta didik dilakukan terbatas pada 20 peserta didik kelas VII G dengan desain penelitian one shot case study. Instrumen dalam pengambilan data meliputi lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik, angket respon dan soal tes kemampuan literasi sains peserta didik. Metode pengambilan data dilaksanakan dengan validasi, observasi, tes literasi sains, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuntitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan lembar kerja peserta didik memperoleh skor modus sebesar 3 dengan kategori layak, kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran memperoleh skor rata-rata modus sebesar 4 dengan kategori sangat baik yang berhubungan dengan respon positif peserta didik terhadap pembelajaran aktif sedangkan kepraktisan ditinjau dari aktivitas peserta didik sebesar 86% dengan kategori sangat baik yang berhubungan dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti, dan keefektivan ditinjau dari respon peserta didik sebesar 97% dengan kategori sangat baik serta keefektivan ditinjau dari hasil posttest peserta didik mendominasi berada pada level 4 literasi sains. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis POE untuk melatihkan kemampuan literasi sains peserta didik telah layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Kata kunci: lembar kerja peserta didik, literasi sains, kelayakan.
This research aimed at developing student worksheets to promote students scientific literacy skills. This research used 4-D consisting of four stages, namely defining, designing, developing, and disseminating. However, the fourth stage was omitted in order to develop the worksheet. The pilot project involved twenty students of class VII G with one shot case study design. The instruments were the validation sheet, the observation sheet for the implementation of learning and activities of the students, the questionnaire and the question of the student scientific literacy skills. The method of data collection was carried out by validation, observation, scientific literacy tests, and questionnaires. The data were analysed descriptively. The result obtained on the validity of worksheets were score of 3 with a decent category, practicality in terms of the feasibility of learning get an average score of 4 with a very good category while practicality in terms of student activities was 86% with very good categories, and effectiveness in terms of student responses of 97% with very good categories and effectiveness in terms of the posttest results of student dominating the level 4 scientific literacy which indicates that students have been able to work effectively with problems involving phenomena requiring conclusions regarding the role of knowledge and technology. To sum up, that the POE based student worksheets in promoting scientific literacy skills are appropriate for used in learning based on validity, practicality, and effectiveness.
Keywords: student worksheets, scientific literacy, eligibility