Pelaksanaan Pembelajaran Seni Lukis Realis kelas XI di SMK Negeri 12 Surabaya
Implementation Of Learning Realist Painting Class XI at SMK Negeri 12 Surabaya
Banyak tersebar sekolah SMA dan SMK di Indonesia. Setiap sekolah terdapat mata pelajaran seni budaya. Salah satu materi yang dipelajari dalam seni budaya ialah seni rupa. Di Indonesia terdapat sekolah menengah kejuruan yang mempelajari tentang seni saja. Sekolah yang mempelajari seni khususnya seni rupa disebut juga dengan Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR).
Tujuan penelitian adalah mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni lukis realis kelas XI Jurusan Seni Lukis di SMKN 12 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model pendekatan survei. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan para guru jurusan Seni Lukis. Sedangkan objek penelitiannya terdapat objek material dan objek formal. Objek material dalam penelitian ini adalah hasil survei dari responden para siswa kelas XI, para guru jurusan Seni Lukis sedangkan ,Objek formal dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran seni lukis realis.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya disempurnakan dan disatukan dari hasil reduksi data, penyajian data dengan mendeskripsikan, menyimpulkan data agar mudah dipahami.
Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan Pembelajaran Seni Lukis Realis kelas XI di SMK Negeri 12 Surabaya dilakukan dari proses pembuatannya yang dilakukan dengan beberapa teknik pembuatan yaitu dengan teknik plakat. Dengan cara pembuatan sketsa awal, lalu proses pewarnaan yang dimulai dengan warna dasar objek lalu ditimpa warna yang senada dengan warna objek saat warna dasar tersebut sudah agak kering karena menggunakan cat minyak. Setelah itu, proses finishing dengan menggunakan kuas kecil untuk proses pendetailan objek yang masih kurang agar hasil karya lukis lebih bagus dan menarik.
Berdasarkan hasil wawancara dari Bapak Asri Nugroho sebagai salah satu narasumber, maka dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran seni lukis realis di SMKN 12 Surabaya sudah berjalan dengan baik dan sudah sesuai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Beberapa dalam proses pemilihan objek melukis yang alangkah lebih baik para siswa lebih ditekankan untuk memotret objek yang akan dilukis sendiri dan tidak mencari contoh objek di internet agar para siswa lebih kreatif lagi.
Kata Kunci: Pembelajaran, Seni Rupa, Lukis Realis
There are many SMA and SMK schools in Indonesia. Each school has cultural arts subjects. One of the materials studied in cultural arts is visual arts. In Indonesia there are vocational high schools that only study art. Schools that study art, especially fine arts, are also called Fine Arts High Schools (SMSR).
The aim of the study was to find out and describe the implementation of learning realist painting for class XI in the Department of Painting at SMKN 12 Surabaya.
This study uses a qualitative method with a survey approach model. The subjects in this study were class XI students and teachers majoring in Painting. While the object of research are material objects and formal objects. The material object in this research is the result of a survey of respondents from class XI students, teachers majoring in Painting while the formal object in this study is the implementation of realist painting learning.
The method of collecting data in this study is by means of observation, interviews, and documentation. The data analysis technique is refined and unified from the results of data reduction, presenting data by describing, concluding data so that it is easy to understand
The results of this study are that the implementation of Realist Painting Class XI Learning at SMK Negeri 12 Surabaya is carried out from the manufacturing process which is carried out with several manufacturing techniques, namely with the placard technique. By making an initial sketch, then the coloring process starts with the base color of the object and then overwrites the color that matches the color of the object when the base color is slightly dry because it uses oil paint. After that, the finishing process is done by using a small brush to process details on objects that are still lacking so that the results of the painting are better and more attractive.
Based on the interview results from Mr. Asri Nugroho as one of the informants, it can be seen that the implementation of learning realist painting at SMKN 12 Surabaya has been going well and is in accordance with the RPP (Learning Implementation Plan). In the process of choosing painting objects, it would be better for students to put more emphasis on taking pictures of objects to be painted by themselves and not looking for examples of objects on the internet so that students are even more creative.
Keywords: Learning, Fine Arts, Realist Painting