Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Etos Kerja Islami Terhadap Kepuasan Muzakki Pada BAZNAS Kabupaten Tuban
The Influence of Service Quality and Islamic Work Ethic on Muzakki Satisfaction at BAZNAS Tuban Regency
ABSTRAK
Zakat memiliki peranan penting dalam membantu mengatasi masalah kemiskinan yang terjadi di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas pelayanan dan etos kerja islami terhadap kepuasan muzakki pada Baznas Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan muzakki, etos kerja islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan muzakki. Sedangkan secara simultan kualitas pelayanan dan etos kerja islami berpengaruh terhadap kepuasan muzakki pada Baznas Kabupaten Tuban. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengelolaan-pengelolaan zakat di Indonesia.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan; Etos Kerja Islami; Kepuasan Muzakki
ABSTRACT
Zakat has an important role in helping overcome the problem of poverty that occurs in Indonesia. The aim of this research is to identify the influence of service quality and Islamic work ethic on muzakki satisfaction at Baznas Tuban Regency. This research uses a quantitative method with an associative approach and sampling uses a probability sampling technique, namely simple random sampling. Data was collected using a questionnaire and measured using a Likert scale. Multiple linear analysis techniques using SPSS tools. The research results show that partially service quality has a positive and significant effect on muzakki satisfaction, Islamic work ethic has a positive and significant effect on muzakki satisfaction. Meanwhile, simultaneously the quality of service and the Islamic work ethic influence muzakki satisfaction at Baznas Tuban Regency. It is hoped that the results of this research can become a reference in zakat management in Indonesia.
Keywords: Service Quality; Islamic Work Ethic; Muzakki Satisfaction