Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Desa Margomulyo Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro
QUALITY OF PUBLIC SERVICES
AT THE MARGOMULYO VILLAGE OFFICE MARGOMULYO DISTRICT,
BOJONEGORO REGENCY
Abstrak
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
DI KANTOR DESA MARGOMULYO KECAMATAN MARGOMULYO
KABUPATEN BOJONEGORO
NAMA : JOKO SUSILO
NIM : 21040674448
PROGRAM STUDI : S1 ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS : ILMU SOSIAL DAN HUKUM
NAMA LEMBAGA : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
PEMBIMBING : Dra. MEIRINAWATI, M. AP
Pemerintah harus memberikan pelayanan penyedia layanan publik yang terbaik
demi untuk meningkatkan pelayanan publik. Yang dimana disisi lain kepuasan
masyarakat adalah salah satu tolok ukur dari keberhasilan pelayanan
publik yang diberikan oleh media pelayanan publik. Penelitian ini adalah
penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui
kualitas pelayanan publik di Kantor Desa Margomulyo. Tehnik analisis data yang
digunakan adalah model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan publik bidang administrasi persuratan di kantor Desa Margomulyo dilihat
dari aspek Bukti fisik (tangible), Kehandalan (reliability), Daya tanggap
(responsiviness), Jaminan (assurance), Empati (emphaty). Yaitu bagian fasilitas
pelayanan umum di Kantor Desa Margomulyo kurang komplit atau belum
memadai untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat merasa
puas dengan pelayanan yang ada di kantor Desa Margomulyo dalam aspek Reliability
mengenai kehandalan dalam menangani setiap keluhan masyarakat . pegawai dalam
hal membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan khususnya masyarakat yang
bingung dengan pelayanan sudah terlihat antara petugas dan pengunjung yang saling
berkomunikasi. Keamanan di kantor Desa Margomulyo sudah menunjukan
upaya meningkatkan kualitas pelayanannya terkait memberikan rasa aman
bagi masyarakat. Empati yang diberikan pihak Desa Margomulyo yaitu dengan
memberikan kesan yang menyenangkan.
Abstract
NAME : JOKO SUSILO
STUDY PROGRAM : BACHELOR OF PUBLIC ADMINISTRATION
FACULTY : SOCIAL SCIENCES AND LAW
INSTITUTION : STATE UNIVERSITY OF SURABAYA
ADVICER : Dra. MEIRINAWATI, M. AP
The government must provide the best public service providers in order to improve public
services. On the other hand, public satisfaction is one measure of the success of public
services provided by public service media. This research is descriptive research using a
qualitative approach to determine the quality of public services at the Margomulyo Village
Office. The data analysis technique used is an interactive model. The results of the research
show that the quality of public services in the field of correspondence administration at the
Margomulyo Village office is seen from the aspects of physical evidence (tangible),
reliability, responsiveness, assurance, empathy. This means that the public service facilities
at the Margomulyo Village Office are incomplete or inadequate to provide services to the
community. The community is satisfied with the services available at the Margomulyo
Village office in the Reliability aspect regarding reliability in handling every community
complaint. employees in terms of helping people who need services, especially people who
are confused about services, can be seen between officers and visitors communicating with
each other. Security at the Margomulyo Village office has shown efforts to improve the
quality of its services related to providing a sense of security for the community. The
empathy given by Margomulyo Village is by giving a pleasant impression.