ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUTUSAN NASABAH NON MUSLIM MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KOTA AMBON
ANALYSIS THE FACTORS OF NON-MUSLIM CUSTOMERS DECISION TO SAVING AT BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) AMBON
Keberadaan bank syariah tidak dikhususkan untuk masyarakat muslim saja namun non muslim juga banyak yang menggunakannya. Nasabah tersebut tentu memiliki alasan dalam memutuskan pilihan dalam menggunakan bank syariah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor keputusan nasabah non muslim menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kota Ambon. Penelitian tersebut berjenis kuantitatif asosiatif dengan menggunakan metode survei yaitu membagikan kuesioner untuk pengumpulan data. Sampel diambil dengan teknik probability sampling sebanyak 98 nasabah non-muslim. Kemudian data yang didapatkan diolah menggunakan teknik analisis faktor konfirmatori. Dalam menganalisis, penulis menggunakan bantuan software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor promosi, persepsi, pelayanan dan lokasi yang menjadi faktor keputusan nasabah non muslim menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kota Ambon.
The existence of Islamic banks is not specific to the muslim community, but non-Muslims also use it. The customer certainly has a reason in deciding the choice of using Islamic banks. The purpose of this study to analyze decision factors of non-muslim customers saving at Bank Syariah Indonesia (BSI) Ambon. The research is associative quantitative type by using survey methods that is distributing questionnaires for data collection. The sample taken with probability sampling technique is 98 non-muslim customers. Then the data is processed by confirmatory factor analysis techniques. In analyzing the data, the authors used the help of SPSS 26 software. The results showed that promotion, perception, service and location are factors in the decision of non-muslim customers saving at Bank Syariah Indonesia (BSI) Ambon.